Pengertian Stop Loss dan Take Profit

Beberapa Istilah Dalam Trading Forex yang harus diketahui (istilah yang berkaitan dengan tindakan Closing atau Menutup Posisi Order), antara lain:

Take Profit (TP) : Yaitu untuk target profit anda.
contohnya Pair EUR/USD anda OP BUY pada harga 1.16700 dan anda buat TP pada 1.16900, maka akan secara otomatis apabila harga menyentuh angka tersebut transaksi anda akan close dan anda mendapatkan profit 200 pips

Stop Loss (SL) : Yaitu untuk membatasi kerugian anda (atau cut loss)
SL kebalikan dari TP, misal anda OP BUY harga 1.16700 kemudian anda buat SL pada harga 1.16600 dan ternyata diluar prediksi harga turun, walaupun harga turun jauh misalnya ke 1.16300 kerugian anda hanya 100 pips karena sudah close otomatis pada harga 1.16600

SL sebaiknya dipasang di setiap order anda, karena untuk membatasi kerugian anda agar tidak semakin terpuruk jika open posisi anda terkena floating loss. Ideal SL adalah 30 hingga 100 pips atau boleh sebesar 1%-3% dari modal anda, Atau tergantung dari risk management anda dan tingkat toleransi resiko pribadi anda (Money Management).

TIPS: jangan menggunakan SL dengan jarak terlalu pendek (semisal 5 pips), karena rentan rugi terus. Dan rasio risk reward antara TP dan SL hendaknya jangan berselisih jauh.

Comments

Leave a reply